Wagubsu Nurhajizah dan Evi Diana Suport Kontingen Penas Asal Sumut



Wagubsu Nurhajizah dan Evi Diana Suport Kontingen Penas Asal Sumut

# Nurhajizah : Manfaatkan Penas untuk Kemajuan Petani Nelayan Sumut


Aceh, (Mimbar) - Mendukung kegiatan Pekan Nasional (Penas)Petani Nelayan XV tahun 2017 di Provinsi Aceh pada 6-11, Wakil Gubernur Sumatera Utara Hj Nurhajizah dan  Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Evi Diana Erry Nuradi hadir pada acara pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo, di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sabtu (6/5). Kehadiran Nurhajizah dan Evi Diana juga dalam rangka mensuport kontingen Penas Sumut yang berjumlah 1.692 peserta.

"Kegiatan Pekan Nasional petani dan nelayan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk kemajuan petani dan nelayan kita,"ujar Nurhajizah kepada kontingen Penas Sumut diantaranya hadir Ketua Panitia Kontingen Sumut Ibnu S Hutomo, Kepala Dinas KehutananHalen Pura, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Azhar, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Dahler, Kepala Dinas Perkebunan Sumut Herawaty dan anggota kelompok tani dan nelayan. Nurhajizah mengingatkan Penas sebagai forum pertemuan petani nelayan dan petani hutan yang berprestasi, peneliti, universitas dan pemerintah agar dimanfaatkan dengan baik oleh kontingen sehingga dapat meningkatkan motivasi petani dan nelayan agar semakian berprestasi. Karenanya Nurhajizah meminta kontingen Penas Sumut dapat memanfaatkan sebaiknya Penas sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, tukar menukar informasi serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antarapetani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah. 

Setelah mengikuti acara pembukaan, Nurhajiza dan Evi Diana berkunjung ke stand Sumatera Utara pada Pameran Pembangunan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Nasional di Stadion Harapan Bangsa. Dalam pameran yang merupakan bagian dari kegiatan Penas tersebut Sumut menampilkan berbagai produk andalan hasil pertanian, perikanan, perkebunan dan kelautan. 

Lebih dari seratus jenis produk andalan Sumatera Utara ditampilkan mulai dari hulu atau tanaman sampai hilir yaitu produk olahan. Untuk mengisi berbagai produk yang ditampilkan Pemerintah Provinsi melibatkan kebupaten/kota se Sumut. Dalam kunjungannya ke stand Pameran Wakil Gubsu Nurhajizah dan Evi Diana memperhatikan satu pesatu produk yang dipamerkan. Keduanya juga mencoba berbagai jenis olahan seperti sirup buah dan kopi serta berbagai penganan. Nurajizah memuji beberapa produk yang menurutnya bisa bersaing jika dipasarkan dengan baik. 

Keduanya terlihat berdialog degan salah seorang petani kopi Ludiantoni Manik asal Simalungun yang tidak saja menanam kopi namun juga berhasil menngolah dan memproduksi kopi kemasan. Dia menjelaskan kepada Evi Diana dan Nurhajizah produk Kopi merk Saabas jenis Arabika Sumatra Simalungun yang sudah terdaftar sebagai salah satu indikasi geografis  oleh komite agreditasi nasional. Ditambahkan Herawaty, untuk jenis kopi saat ini Sumut sudah memiliki dua produk indikasi geografis yang yaitu Arabika Sumatra mandailing dan Arabika Sumatra Simalungun. 

Nurhajizah dalam kesempatan itu meminta kepala SKPD terkait agar mendorong produk pertanian perkebunan dan perikanan Sumatera Utara dapat menembus pasar ekspor karena memiliki kualitas yang baik. Dengan pasar yang lebih luas hingga ke manca negara, kata Nurhajizah, maka petani dan nelayan Sumut akan semakin sejahtera begitu juga negara mendapat devisa. 

Kegiatan Penas sendiri dihadiri 38 ribu peserta dari seluruh provinsi di tanah air. Peserta terdiri atas peserta utama yaitu petani nelayan dan hutan berprestasi, pendamping yang merupakan unsur pemerintah daerah, peninjau yang meruakan pelaku usaha petani nelayan dan hutan dan stake holder terkait lainnya.Penas telah berlangsung sejak tahun 1971 yang menjadi bagian strategis dalam upaya membangun kesepaham diantara berbagai stakeholder sektor pertanian maupun perikanan serta kehutanan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung