Manasik Haji Akbar Bank Sumut 2016 Ditutup

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Abdul Djamil, memberikan sosialisasi pada Manasik Haji Akbar Bank Sumut, Rabu (27/7), di Aula Madinatul Hujjaz Asrama Haji Embarkasi Medan

Manasik Haji Akbar Bank Sumut 2016 Ditutup

Dirjen Pelayanan Haji dan Umroh Apresiasi Manasik Haji Akbar Bank Sumut


Medan, (Mimbar) - Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Haji dan Umroh, Abdul Djamil, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Kegiatan Manasik Haji Akbar Bank Sumut Tahun 2016 sebagai bagian tak terpisahkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah dari calon jamaah Haji. 

“Persoalan kemampuan manasik ini harus selalu kita tingkatkan, sehingga usaha-usaha yang dilakukan baik oleh kalangan swasta seperti ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka”, ujarnya.

Dalam Kegiatan Manasik Haji Akbar ini, Abdul Djamil juga berkesempatan menyampaikan sosialisasi tentang penyelenggaraan ibadah Haji di Aula Madinatul Hujjaz Asrama Haji Embarkasi Medan, Rabu (27/7).

Pada sesi sosialisasi, Abdul Djamil menyampaikan beberapa pesan didepan 690 orang nasabah Bank Sumut peserta Manasik Haji Akbar gelombang kedua untuk memahami apa yang menjadi pokok-pokok ajaran, dan apa yang menjadi bahan-bahan bimbingan yang telah diberikan oleh para pembimbing dalam kegiatan manasik haji, seperti Thawaf, Sa'i antara Safa dan Marwah, Wukuf, melontar Jumroh, dan lainnya agar lebih khusuk menjalankan ibadah haji.

Selain itu, Abdul Djamil juga berpesan kepada para peserta untuk selalu menjaga kesehatan. 

“Ibadah ditingkatkan, tetapi jangan lupa jaga kesehatan. Karena bapak ibu sekalian nantinya akan tinggal selama 39 hari di negara yang iklimnya berbeda dari Indonesia. Untuk itu, harus ikhlas karena ini adalah ibadah”, tuturnya.

Abdul Djamil juga berharap agar kedepan kegiatan manasik haji seperti ini bias semakin diintensifkan khususnya yang berkaitan dengan penguasaan praktek pelaksanaan rangkaian ibadah haji, karena disana nantinya hal seperti ini akan sangat dibutuhkan pada ibadah haji sebenarnya.

Resmi Ditutup

Kegiatan Manasik Haji Akbar Bank Sumut Tahun 2016 resmi ditutup pada Rabu (27/7), di Aula Madinatul Hujjaz Asrama Haji Embarkasi Medan. Dalam acara tersebut, sebanyak 690 orang peserta manasik haji Bank Sumut gelombang kedua dilepas secara resmi oleh Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto.

Dalam acara tersebut, prosesi tepung tawar turut menghiasi acara penutupan kegiatan akbar yang telah sukses dilaksanakan Bank Sumut selama 10 tahun terakhir.

Pada kegiatan ini berlangsung penggalangan dana untuk pembangunan Masjid Agung Medan dana yang terkumpul untuk Masjid Agung sebesar Rp 30.923.000.

Tabungan Makbul Bank Sumut menunjukkan trend peningkatan dari tahun ke tahun. 

Pertumbuhan yang pesat juga didorong oleh kegiatan Manasik Haji yang menjadi magnit tersendiri bagi nasabah Tabungan Makbul.

Peningkatan jumlah nasabah ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan masyarakat Sumatera Utara dalam melakukan pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui Bank Sumut.

Keunggulan menempatkan dana di Tabungan Makbul adalah mendisiplinkan nasabah agar mengoptimalkan dananya selain menabung untuk biaya ibadah haji. Nasabah Tabungan Makbul dikenakan setoran awal pembukaan rekening sebesar Rp. 500 ribu dan setoran berikutnya Rp. 50 ribu, dengan jumlah saldo minimum yang harus mengendap di rekening sebesar Rp. 500 ribu.

Tabungan Makbul tidak dikenakan bunga karena tujuan utama tabungan haji tidak mengejar keuntungan atau investasi, melainkan merupakan titipan penabung yang berniat menunaikan ibadah haji. Sedangkan nasabah juga tidak dipungut biaya administrasi.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung