25,06 Persen Jamaah Haji asal Sumut Pemegang Tabungan Makbul Bank Sumut


Direksi Bank Sumut foto bersama usai secara simbolis menyerahkan sejumlah fasilitas Tabungan Makbul pada pembukaan Manasik Haji jamaah Tabungan Makbul, Sabtu (22/6).

Medan (Mimbar) - Jumlah jamaah haji yang akan berangkat dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2019 sebanyak 8.356 orang, sekira 25,06% diantaranya jamaah haji adalah pemegang Tabungan Makbul.

Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo mengemukakan itu pada pembukaan Manasik Calon Jamaah Haji Bank Sumut Tahun 1440 H / 2019 M Gelombang I, Sabtu (22/6/19) di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan.

Hadir Direktur Bisnis dan Syariah Tengku Machmud Jeffry, Direktur Operasional Didi Duharsa, Direktur Kepatuhan Yulianto Maris, Direktur Pemasaran Abdi Santosa Ritonga, Komisaris Utama Rizal Fahlevi Hasibuan dan Staf Ahli Gubsu Noval Makhyar.

Dikemukakan Dirut jumlah penabung Tabungan Makbul per Desember 2018 sebanyak 18.618 orang, nominal Tabungan sekitar Rp.46,6 miliar, peserta manasik haji tahun 2019 sebanyak 2.094 dan Manasik haji Bank Sumut dimulai sejak tahun 2006 sebanyak 123 orang.

Jamaah haji Tabungan Makbul juga mendapat fasilitas bakal seragam batik haji, kain ikhram serta mukena, tas, kantungan batu, payung, handuk kecil dan uang 100 Riyal Arab Saudi yang dikonversi ke mata uang rupiah.

Dirut juga mengemukakan Bank Sumut saat ini menjadi role model bagi bank syariah di seluruh Indonesia dalam memberikan fasilitas bagi jamaah haji dan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Agama RI, karena merupakan bank pertama dan satu-satunya yang memberikan fasilitas manasik haji secara gratis, mulai dari penjemputan dan kepulangan di daerah serta manasik haji dikumpulkan di Asrama Haji Medan. 

"Kegiatan Manasik Haji ini Insya Allah akan kita laksanakan selama dua hari dalam dua gelombang berupa teori dan praktek ibadah haji untuk memberikan bekal awal pengetahuan tentang penyelenggaraan, pelaksanaan, menjaga kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya di tanah suci," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan manasik haji ini maka diharapkan para jamaah calon haji memahami makna yang terkandung dalam setiap ibadah haji sehingga nantinya para jamaah calon haji mempunyai pemahaman, mampu dan mandiri dalam menjalankan ibadah haji dengan khusuk dan benar untuk mencapai haji yang mabrur.

Bank Sumut telah melaksanakan Kegiatan Manasik Haji ini sejak tahun 2006 dengan nasabah yang ikut serta sebanyak 123 orang, dan terus meningkat setiap tahunnya. 

Pada tahun ini nasabah Bank Sumut pemilik Tabungan Makbul yang akan menunaikan ibadah haji dan mengikuti manasik haji akbar ini sebanyak 2.094 orang, meningkat sebesar 5,17% dibandingkan tahun 2018 yang berjumlah 1.991 orang. Jumlah ini adalah 25,06% dari total jamaah haji yang berangkat dari Sumatera Utara.

Selain fasilitas manasik haji tentunya banyak fasilitas lainnya yang akan diberikan yaitu : bakal seragam batik haji, kain ikhram serta mukena, tas, handuk kecil, kantungan batu, payung dan uang Riyal Arab Saudi sebesar 100 Sar yang dikonversi ke mata uang rupiah yang akan kami transfer ke rekening tabungan jamaah masing-masing. (04)


Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung