Wabup Paluta Buka MTQN Tingkat Kec Padang Bolak


Wabup Paluta Buka MTQN Tingkat Kec Padang Bolak

PALUTA(mimbar)_Musabaqah  Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) tingkat kecamatan Padang Bolak yang ke 49 di desa Ambasang Natigor,  kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (paluta) senin(27/3/2017).

Wakil Bupati Padang Lawas Utara, H. Riskon Hasibuan SE secara resmi membuka MTQ yang mengangkat tema "Kita Lantunkan Ayat Suci Al Qur'an  Untuk Syiar Islam Dalam Membentuk Karakter Ummat Paluta Yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat.

"Mari jadikan MTQ sebagai sarana untuk menggali potensi qori dan Qoriah dalam membaca, menulis, memahami dan mengamalkan Al Qur'an sesuai misi Paluta yakni mewujudkan masyarakat Paluta yang beriman, cerdas, maju dan Beradat," ujar Riskon Hasibuan dalam sambutannya.

Riskon berharap, melalui kegiatan ini mudah-mudahan syiar Islam semakin berkibar serta menghasilkan Qari dan Qariah terbaik yang siap tampil dalam MTQ tingkat Kabupaten nantinya.

"Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, MTQ ke 49 tingkat Kecamatan Padang Bolak secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Wabup mengakhiri kata sambutannya.

 ketua panitia pelaksana H. Awaluddin Habibi Siregar S.Ag M.Ag., MTQ akan digelar selama 2 hari, dari Senin 27 Maret hingga Selasa 28 Maret 2017.

"Peserta berjumlah 338 orang yang terdiri dari 175 putra dan 163 putri," kata Awaluddin, yang juga merupakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Padang Bolak .

Lebih lanjut, Awaluddin yang juga sebagai Koordinator Dewan Hakim ini menjelaskan 8 kategori yang akan diperlombakanyaitu  Muzawat/Mengaji,Tartil, Tafsir, Fahmil. Sarhril. Kaligrafii.Karya Ilmia, dan Hifzil Qur'an.

Turut hadir dalam pembukaan MTQ itu, Ketua MUI Kab. Paluta, H. Mukti Ali Siregar, Asisten I, Burhan Harahap SH, anggota DPRD Paluta, H. Mula Tua Siregar, Plt Kakan Kemenag Paluta,  OKP , Muslimat NU, sejumlah kepala SKPD, Camat Padang Bolak, Ali Ja'afar Harahap SH, Kapolsek Padang Bolak,  Danramil 05 Padang Bolak beserta undangan lainnya.

Pantauan wartawan, ribuan masyarakat dari 21 desa yang ada di wilayah hulu Batang Pane sangat antusias menghadiri acara pembukaan MTQ ke 49 tingkat Kecamatan Padang Bolak ini,

Kepala Desa Napa Gadung Laut, Ahmad Husin Harahap berterimakasih kepada Pemkab khususnya kepada pihak Kecamatan yang telah menunjuk wilayah Hulu Batang Pane sebagai tuan rumah pelaksana MTQ kali ini.

Husin berharap ke depannya agar Pemkab terus meningkatkan pembangunan di wilayah Hulu Batang Pane yang selama ini kurang diperhatikan. Bahkan, kades ini berharap agar wilayah Hulu Batang Pane dimekarkan menjadi Kecamatan.

Senada disampaikan oleh Anggota DPRD Paluta H. Mula Tua Siregar yang diketahui juga merupakan putra daerah Hulu Batang Pane. Selain itu, Mula mengaku, dari berdirinya Kabupaten Paluta bahkan jauh sebelumnya baru kali ini seorang pejabat setingkat Wakil Bupati menginjakkan kakinya di tanah kelahirannya itu.

"Semoga dengan diadakannya MTQ ini menjadi awal bangkitnya daerah Hulu Batang Pane," ujarnya berharap.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung