Blibli.com Catat Pertumbuhan Kuat Pasar Medan, Dorong Online Retail Dengan Menggandeng Merchant Lokal


Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com 


Medan – Blibli.com, mal online terkemuka, mencatat pertumbuhan penjualan dan jumlah merchant yang kuat pada kategori otomotif di Medan, kota yang berkontribusi besar pada keseluruhan performa bisnis Sumatera Utara. Blibli.com juga berencana mendorong pertumbuhan online retail otomotif di Medan dengan menghadirkan lebih banyak manfaat bagi merchant maupun pelanggan. 

Di kuartal ketiga 2019, Blibli.com menyaksikan penjualan otomotif di Sumatera Utara bertumbuh sebesar 120% jika dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh peningkatan jumlah merchant otomotif di provinsi tersebut sejumlah 125% untuk periode yang sama. 

Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com, mengatakan “Medan memainkan peran penting karena berkontribusi hingga 75% ke performa kategori otomotif Blibli.com di Sumatera Utara. Spesifik untuk Medan, penjualan kategori otomotif meningkat hingga 100% di kuartal tiga tahun ini jika dibandingkan dengan periode sama di 2018. Sama halnya, pertumbuhan ini didukung oleh kenaikan sebesar 140% pada jumlah merchant otomotif khusus di kota tersebut.” jelasnya.

Saat ini, kategori otomotif Blibli.com menaungi lebih dari 54 official brands dan 2.360 merchant yang menyediakan beragam produk otomotif unit dan non-unit. Produk-produk unit termasuk mobil, motor, dan alat-alat berat sedangkan non-unit terdiri dari aksesori dan spare part otomotif. “Produk-produk yang populer di Sumatera Utara dan Medan termasuk oli sintetis, aksesoris interior mobil, dan aki mobil,” lanjut Eddy. 

Secara keseluruhan, Blibli.com menjual lebih dari 8.000.000 produk yang disediakan setidaknya 75.000 merchant dan 50.000 brand lokal dan internasional. Semua produk ini dihadirkan di 16 kategori Blibli.com, termasuk Otomotif, Blibli Mart dan Handphone & Tablet. 

Eddy menambahkan bahwa kinerja positif kategori otomotif Blibli.com di Medan menunjukkan besarnya potensi kota tersebut dalam hal online retail baik untuk produk-produk unit dan non-unit. Karena itu, Blibli.com bertujuan untuk mengakuisisi lebih banyak lagi merchant dari Medan untuk menambah keberagaman produk otomotif di Blibli.com.

Blibli.com menawarkan berbagai fasilitas bagi para pebisnis otomotif yang ingin merambah e-commerce dengan kami. Blibli.com membuka akses para merchant ke infrastruktur payment termasuk e-wallet dan e-money, kanal penjualan online-to-offline atau O2O, serta layanan fulfillment yang mencakup warehousing dan logistik pengiriman.

“Semua fasilitas dan layanan ini berarti bahwa Blibli.com mampu untuk memberi layanan end-to-end bagi para merchant karena kami tidak hanya menyediakan platform penjualan, namun bisa juga mendukung merchant dari segi penyimpanan barang di gudang kami dan pengiriman produk ke konsumen,” kata Eddy.

Blibli.com memiliki dua warehouse di Sumatera Utara, yaitu di Medan dan Deli Serdang. Tahun ini sendiri, Blibli.com berencana untuk mengekspansi jumlah warehouse hingga total 20 di seluruh Indonesia.

Selain merchant, Blibli.com juga menghadirkan berbagai manfaat bagi para pelanggan yang berbelanja melalui situs dan aplikasi Blibli.com. Salah satu keunggulan Blibli.com adalah kurasi merchant untuk memastikan bahwa semua merchant yang berjualan di platform adalah mereka yang mampu menyediakan produk dan layakan terbaik bagi para pelanggan.

“Melalui kombinasi fitur, layanan dan keragaman produk, Blibli.com ingin memberikan pengalaman berbelanja ritel yang terbaik bagi pelanggan-pelanggan di Medan yang semakin menggunakan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk otomotif,” kata Eddy.

Sesuai dengan strategi bisnis “Customer Satisfaction First”, Blibli.com menghadirkan pengiriman cepat, ongkos kirim gratis, produk orisinil, retur produk 15 hari, pembayaran aman, dan layanan konsumen 24/7. (mr)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung