Blibli.com Catat Pertumbuhan Kuat Pasar Medan, Dorong Online Retail Dengan Menggandeng Merchant Lokal
Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com |
Medan –
Blibli.com, mal online terkemuka, mencatat pertumbuhan penjualan dan
jumlah merchant yang kuat pada kategori otomotif di Medan,
kota yang berkontribusi besar pada keseluruhan performa bisnis Sumatera Utara.
Blibli.com juga berencana mendorong pertumbuhan online retail otomotif
di Medan dengan menghadirkan lebih banyak manfaat bagi merchant maupun
pelanggan.
Di kuartal ketiga 2019, Blibli.com
menyaksikan penjualan otomotif di Sumatera Utara bertumbuh sebesar 120% jika
dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh
peningkatan jumlah merchant otomotif di provinsi tersebut
sejumlah 125% untuk periode yang sama.
Eddy Lukita, Senior Merchandising
Manager Blibli.com, mengatakan “Medan memainkan peran penting karena
berkontribusi hingga 75% ke performa kategori otomotif Blibli.com di Sumatera
Utara. Spesifik untuk Medan, penjualan kategori otomotif meningkat hingga 100%
di kuartal tiga tahun ini jika dibandingkan dengan periode sama di 2018. Sama
halnya, pertumbuhan ini didukung oleh kenaikan sebesar 140% pada jumlah merchant otomotif
khusus di kota tersebut.” jelasnya.
Saat ini, kategori otomotif
Blibli.com menaungi lebih dari 54 official brands dan
2.360 merchant yang menyediakan beragam produk otomotif unit
dan non-unit. Produk-produk unit termasuk mobil, motor, dan alat-alat berat
sedangkan non-unit terdiri dari aksesori dan spare part
otomotif. “Produk-produk yang populer di Sumatera Utara dan Medan termasuk
oli sintetis, aksesoris interior mobil, dan aki mobil,” lanjut Eddy.
Secara keseluruhan, Blibli.com
menjual lebih dari 8.000.000 produk yang disediakan setidaknya 75.000 merchant dan
50.000 brand lokal dan internasional. Semua produk ini
dihadirkan di 16 kategori Blibli.com, termasuk Otomotif, Blibli Mart dan
Handphone & Tablet.
Eddy menambahkan bahwa kinerja
positif kategori otomotif Blibli.com di Medan menunjukkan besarnya potensi kota
tersebut dalam hal online retail baik untuk produk-produk unit
dan non-unit. Karena itu, Blibli.com bertujuan untuk mengakuisisi lebih banyak
lagi merchant dari Medan untuk menambah keberagaman produk otomotif di Blibli.com.
Blibli.com menawarkan berbagai
fasilitas bagi para pebisnis otomotif yang ingin merambah e-commerce dengan
kami. Blibli.com membuka akses para merchant ke infrastruktur payment termasuk
e-wallet dan e-money, kanal penjualan online-to-offline atau O2O, serta layanan
fulfillment yang mencakup warehousing dan logistik pengiriman.
“Semua fasilitas dan layanan ini
berarti bahwa Blibli.com mampu untuk memberi layanan end-to-end bagi para
merchant karena kami tidak hanya menyediakan platform penjualan, namun bisa
juga mendukung merchant dari segi penyimpanan barang di gudang kami dan
pengiriman produk ke konsumen,” kata Eddy.
Blibli.com memiliki dua warehouse di
Sumatera Utara, yaitu di Medan dan Deli Serdang. Tahun ini sendiri, Blibli.com
berencana untuk mengekspansi jumlah warehouse hingga total 20
di seluruh Indonesia.
Selain merchant, Blibli.com juga
menghadirkan berbagai manfaat bagi para pelanggan yang berbelanja melalui situs
dan aplikasi Blibli.com. Salah satu keunggulan Blibli.com adalah kurasi merchant untuk
memastikan bahwa semua merchant yang berjualan di platform
adalah mereka yang mampu menyediakan produk dan layakan terbaik bagi para
pelanggan.
“Melalui kombinasi fitur, layanan dan
keragaman produk, Blibli.com ingin memberikan pengalaman berbelanja ritel yang
terbaik bagi pelanggan-pelanggan di Medan yang semakin menggunakan e-commerce
untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk otomotif,” kata Eddy.
Sesuai dengan strategi bisnis
“Customer Satisfaction First”, Blibli.com menghadirkan pengiriman cepat, ongkos
kirim gratis, produk orisinil, retur produk 15 hari, pembayaran aman, dan
layanan konsumen 24/7. (mr)
Comments
Post a Comment