Menko PMK Muhajir Efendi Nilai Program DMDI Sangat Membantu Pemerintah



Jakarta – Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang akan melahirkan 100 ribu saudagar Melayu di Indonesia dan pembentukan food bank di setiap provinsi sangat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan menciptakan pengusaha muda baru.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof Dr H Muhajir Efendi MAP mengemukakan hal itu pada acara Pelantikan Pengurus DMDI Indonesia di Hotel Borobudur Jakarta, Sabtu (2/2023).

Pada kesempatan ini Datuk H Said Aldi Al Idrus dilantik sebagai Ketua Umum DMDI Indonesia oleh Presiden DMDI TYT Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Rustam.

Hadir juga Anggota DPD-RI Iskandar Batubara, Wakil Presiden DMDI Komjen Pol (Purn) DR H Syafruddin pengurus DMDI Malaysia, DMDI Singapura, dan pengurus DMDI tingkat provinsi se Indonesia.

Ketum DMDI Indonesia Said Aldi mengatakan pasca pengukuhan sampai pada saat pelantikan, dirinya langsung bekerja mengembangkan organisasi ini hingga keseluruh penjuru Tanah Air.

“Beberapa hari lalu, saya melantik pengurus DMDI Batam dan Aceh. Akan menyusul nanti untuk wilayah Sulawesi,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Said Aldi, DMDI Indonesia bersama pengurus provinsi akan membangun Museum Melayu di Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mengumpulkan barang-barang peninggalan bersejarah dan adat budaya Melayu.

Sehingga anak cucu dan generasi muda suku ini bisa mengetahui bagaimana para leluhur mempertahankan eksistensi Melayu di Tanah Air.

“Dengan memohon doa restu dan dukungan dan para Stakeholder,DMDI Indonesia berencana akan membangun Museum Melayu. Ini tujuan mulia supaya anak cucu kita nantinya bisa mengetahui nilai-nilai sejarah Melayu di Indonesia,” tutur Said Aldi.

Selain itu, lanjut Said Aldi, dirinya juga akan menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden DMDI Tun Seri Ali Rustam agar membuka Food Bank DMDI di seluruh Provinsi di Indonesia,

Hal ini penting dilakukan, sebab masih banyak saudara kita yang tidak mampu dan masih membutuhkan bantuan kita.

“Karena itu, dengan niat yang tulus sesuai dengan program kerja DMDI yakni sosial dan kemanusiaan, saya akan bekerja maksimal untuk membuka Food Bank DMDI hingga penjuru Tanah Air. Dan semoga banyak diantara kita yang nantinya berkenan menjadi donatur agar masyarakat kurang mampu di Indonesia bisa terbantu,” jelasnya.

Said Aldi juga mengungkapkan, bahwa akan dibukanya Food Bank di Indonesia ini juga bertujuan ikut membantu program pemerintah dalam mempertahankan ketahanan pangan yang saat ini tengah digalakkan oleh Presiden Joko Widodo.

“DMDI juga satu visi dengan Presiden Jokowi, yakni mempertahankan ketahanan pangan. Mari sama-sama kita berdoa agar Food Bank DMDI di seluruh Tanah Air segera terbentuk,” ucapnya.

Said Aldi bersama pengurus juga berkomitmen akan membentuk DMDI di seluruh Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan kemajuan suku, adat, budaya Melayu di Tanah Air.

“Saya bersama pengurus DMDI Indonesia yang terpilih akan bergerak sampai DMDI diseluruh provinsi se Indonesia terbentuk. Selain silaturahmi, tujuannya juga untuk membangun dan memajukan suku, adat dan budaya Melayu,” tegas Said Aldi.

Tak hanya itu, Said Aldi juga menekankan bahwa DMDI adalah salah satu organisasi Islam terbesar dunia yang penyebarannya sampai ke mancanegara.

Kemudian, lanjut Said Aldi, organisasi ini bukan hanya sebagai identitas bagi Rumpun Melayu, namun juga menjadi kekuatan dalam memperkokoh akar budaya, etika kemelayuan yang harus diturunkan kepada generasi berikutnya.

Sementara itu dalam amanatnya, Presiden DMDI Tun Seri Ali Rustam berpesan kepada Said Aldi agar tetap mengedepankan program sosial dan kemanusiaan membantu masyarakat yang kurang mampu dan tertimpa musibah maupun bencana.

“Sebab, kemiskinan masih menjadi persoalan setiap bangsa di dunia untuk bisa mengentaskannya. Maka dari itu, dengan kehadiran dan nama besar DMDI, kita bisa membantu pemerintah. Itu tujuan mulia dan dianjurkan dalam Agama Islam,” tegas Ali Rustam.

Sejalan dengan hal itu, sambung Tun Seri Ali Rustam, dirinya meminta Said Aldi agar segera membuka Food Bank DMDI di Indonesia, supaya masyarakat disana yang membutuhkan bisa terbantu dengan adanya Food Bank DMDI.

“Isu kemiskinan terus menghantui setiap negara di dunia, termasuk Malaysia, Singapura dan Indonesia. Maka dari itu, segeralah bentuk Food Bank di Indonesia,” pintanya.

Ali Rustam juga sedang menargetkan agar DMDI segera terbentuk diseluruh penjuru dunia, minimal dua per tiga negara di dunia. Sebab, banyak bangsa dan rumput Melayu yang berada di Eropa, Asia, Australia dan Timur Tengah.

“Jika sudah terbentuk DMDI di banyak negara, maka budaya Melayu, budaya Islam, sosial ekonomi dan dakwah Islam bisa dikembangkan menjadi program utama. Ini penting kita lakukan untuk kemajuan DMDI,” pungkasnya.

“Terakhir saya ucapkan selamat kepada Datuk Said Aldi yang terpilih dan telah dilantik menjadi Ketua DMDI Indonesia.

Semoga kegiatan DMDI di Indonesia semakin aktif dan lancar. Karena ketuanya sekarang luar biasa, siang malam terus kerja. Meskipun banyak jabatan yang dipegang. Tapi saya yakin beliau mampu melaksanakannya. Maka dari itu saya yakin DMDI mampu terbentuk diseluruh provinsi di Indonesia,” imbuhnya

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung