Bawang Berebes Panen Perdana di Angkola Julu Kota Padangsidimpuan


Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution didampingi Kadis Pertanian dan Camat Angkola Julu saat panen perdana bawang berebes.   


Padangsidimpuan - Pemerintah Kota Padangsidimpuan mengapresiasi Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan, dalam panen perdana dilaksanakan oleh Kelompok Tani bawang berebes berjumlah 30 orang di Desa Joring Natobang, Kecamatan Angkola Julu, Kota Padangsidimpuan, Rabu (12/2).

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, "Daerah Angkola Julu kita buat menjadi berastaginya Padangsidimpuan, kerna lahannya sangat bagus dan tanahnya subur. Untuk itu para petani harus bisa menjaga kualitas bawang berebes, biar pun bibitnya bukan dari Kota Padangsidimpuan".

Lanjut kata Irsan, "Nantinya kalau sudah membaik dan berkembang pasti para petani, berpenghasilan yang maksimal. Kita buat central di Padangsidimpuan bawang berebes, dan untuk Dinas Pertanian Padangsidimpuan terimakasih sudah mau membantu petani di Desa Joring Natobang".

Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan Parimpunan Siregar, menyampaikan bawang berebes ini baru ada di Kota Padangsidimpuan, dan Alhamdulilah semenjak ketekunan petani kita hasilnya sangat memuaskan.

"Untuk petani agar hasil yang diperoleh maksimal sebaiknya menanam bawang jangan di musim hujan, hal ini untuk menghindari serangan jamur yang bisa menyebabkan gagal panen. Penyiraman pada pagi hari juga sangat penting untuk menghindari penyakit embun tepung lada tanaman bawang merah," ujar Parimpunan. 

Sementara itu, Camat Angkola Julu Kota Padangsidimpuan Ridwan, menyampaikan, "Saya begitu sangat bangga di Desa Joring Natobang menjadi berastaginya Padangsidimpuan. Apa lagi petani - petani nya mau belajar untuk menanam bawang berebes". 

Salah satu dari Ketua Kelompok Tani Salahi Desa Joring Natobang, Junaidi menyampaikan, "Dulunya lahan saya, saya buat untuk menanam padi dan saya tidak berpikir panjang untuk merubahnya menjadi lahan bawang berebes. Berkat kerja samanya dengan Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan, kami di kasih bibit bawang berebes sebanyak 700 Kg".

Setelah petani menerima saran dari Dinas Pertanian kami terus mencobanya. Satu bibit bawang berebes bisa mendapatkan satu siung sebanyak 15 biji bawang berebes. 

Jumlah lahan bawang berebes di Desa Joring Natobang sebanyak 1 hektar tapi lokasinya berbeda tempat dan mempunyai 5 titik lokasi bawang berebes untuk satu desa. 

Lanjut Junaidi masa panennya selama dua bulan (60 hari) berpenghasilan Rp 9.000.000 untuk satu petani, dari hasil panen bisa mencapai untuk 1 hektar, bisa menghasilkan 25 ton bawang berebes.(zal) 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung