Ketua TP PKK Sumut Harapkan CISC Sumut Pusat Informasi Kanker Masyarakat Sumut



Ketua TP PKK Sumut Harapkan CISC Sumut Pusat Informasi Kanker Masyarakat Sumut

Medan, (Mimbar) - Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Erry Nuradi mengapresiasi kehadiran Cancer Information and Support Centre (CISC) Sumut. Karena menurut Evi Diana Penyakit Kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia dimana kanker menjadi penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13 persen setelah penyakit kardiovaskular. “Dengan CISC ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi yang seluas-luasnya tentang penyakit kanker  dan penanganannya serta menjadi wadah untuk melahirkan survivor-survivor kanker yang nantinya diharapkan sebagai penyambung lidah  tenaga kesehatan untuk masyarakat awam dan juga sebagai penyemangat kepada para penderita kanker dalam menjalani pengobatan secara rutin dan berkala,” harap Evi Diana yang juga Ketua Yayasan Kanker Sumut.

Hal tersebut disampaikan Evi Diana pada sambutannya dalam acara Pelantikan Kepengurusan Cancer Information And Support Centre (CICS) Sumut, Sabtu (20/5) di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan.

Hadir pada kesempatan tersebut Staf Khusus Kementerian Kesehatan Fernandes Hutagalung, Ketua umum CISC Pusat Aryanthi Baramuli Putri, Kepala Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Prof DR dr Soehartati A Gondhowiardjo, Kepala Dinas Kesehatan Provsu Drs Agustama, dan para survivor.

Disampaikan Evi di Provinsi Sumatera Utara sebaran penyakit kanker cukup tinggi, berdasarkan data rekapitulasi kasus kanker dinas kesehatan provinsi Sumatera Utara pada tahun 2016 kanker payudara berada pada urutan  teratas yaitu 559 kasus, kanker serviks berada pada urutan kedua 161 kasus, kemudian kanker paru 127 kasus, kanker prostat 42 kasus, kanker nasoparing 31 kasus, Leukemia 28 kasus dan kanker lainnya.

Selain itu lanjut Evi  masalah terbesar dalam pelayanan kanker menurut Evi adalah banyaknya informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan tersebar di masyarakat. Informasi tersebut terkadang menyesatkan masyarakat dengan menggiring mereka melakukan terapi alternative dan baru dating kep usat pelayanan kesehatan setelah terlambat.  “CISC ini sangat baik sekali, kanker yang diketahui sejak dini memiliki kemungkinan untuk mendapat penanganan lebih baik,” ujar Evi.

Oleh karenanya perlu dilakukan upaya pencegahan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengenali gejala dan resiko penyakit kanker sehingga dapat menentukan langkah-langkah pencegahan dan deteksi dini yang tepat. “CISC adalah salah satu tempat untuk itu,” sebut Evi.

Sementara Ketua CISC Sumut Parlindungan Purba mengharapkan nantinya CISC Sumut sebagai pusat informasi tentang penyakit kanker apa pun, sekaligus memberi dukungan kepada penderita yang tentunya down setelah divonis menderita kanker, khusunya untuk masyarakat Sumatera Utara. "Ini merupakan salah satu tindakan pencegahan, karena menurut pengalaman pasien kanker yang datang berobat sudah stadium lanjut," ujar Parlindungan Purba yang juga Ketua Komite II DPD RI.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung