Gubernur Erry Pimpin Pembacaan Deklarasi “Kami Indonesia, Kami Pancasila”




Gubernur Erry Pimpin Pembacaan Deklarasi “Kami Indonesia, Kami Pancasila

Gubsu Erry : Kodrat bangsa lndonesia keberagaman, Pancasila mempersatukan kita

Medan, (Mimbar) - Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, 1 Juni 2017, Gubernur Sumut Ir. HT Erry Nuradi, M.Si memimpin Deklarasi Bersama Masyarakat Sumatera Utara, yang diwakili unsur Forkopimda Sumut, berjudul "Kami Indonesia, Kami Pancasila."

Sebelum membacakan deklarasi, Gubernur Erry menegaskan bahwa Pancasila adalah ideologi yang sangat tepat yang mempersatukan kita sebagai bangsa.

"Kita harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman," tutur Gubernur dalam awal sambutannya, di Gubernuran, jalan Sudirman 41, Medan, Kamis (1/6/2017).

Gubsu Erry  menyatakan, di Indonesia ada 17 ribu pulau, lebih dan 700 suku, beragam agama, golongan, itulah Kebhinekaan kita. 

"Belajar dari pengalaman negara lain, yang dihantui oleh radikalisme, terorisme dan perang saudara, namun kita dengan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dalam bingkai NKRI, bisa terhindar dari masalah-masalah itu," kata Gubernur Erry.

Gubsu Erry juga menyatakan bahwa Indonesia juga beruntung mempunyai ciri khas berupa silaturahmi dan safari Ramadhan. 

"Kita yang terdiri dari berbagai agama, suku dan etnis dapat tetap bersatu berkat silaturahmi, termasuk melalui safari Ramadhan seperti ini. Semangat kebersamaan ini merupakan nilai-nilai luhur Pancasila yang harus kita tanamkan di diri kita sebagai bangsa Indonesia," ajak Tengku Erry.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Gubernur didampingi oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kepala Binda Sumut, Brigjen TNI Agus Hernawan, Kepala BNN Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto, Pangkosek Hanudnas III, Danlanud Soewondo, Ketua MUI Sumut, Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjuntak, Wakil Gubernur Sumut, Dr Nurhajizah Marpaung, Wadanlantamal I Belawan, para Ketua dan Pengurus FKDM, FPK, FPB, FKPT dan Pusat Informasi Anti Narkoba Sumut, membacakan deklarasi "Kami Indonesia, Kami Pancasila."

Berikut isinya:

*"Pancasila Itu Jiwa dan Raga Kita, ada di aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara.

Kami Indonesia, Kami Pancasila

Pancasila Itu Dasar Bernegara Kita, Falsafah Rakyat Indonesia, Cita-cita Luhur Pahlawan Bangsa

Kami Indonesia, Kami Pancasila

Kami Umat Beragama, Kami Suku Bangsa, Kami Rakyat Sumatera Utara, Kami Menolak Ideologi selain Pancasila, Radikalisme dan Narkoba Musuh Kami Bersama

Kami Indonesia, Kami Pancasila"*

Deklarasi yang disampaikan di tengah acara buka puasa ini terasa sangat bermakna.

Tampak juga hadir dalam kegiatan ini, Sekdaprovsu Hasban Ritonga, para pejabat SKPD Pemprov Sumut, para mantan pejabat Pemprov Sumut dan para pengurus forum strategis di Sumut.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung