Sekdaprov: Sumut Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional


Sekdaprov: Sumut Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional

Medan, (Mimbar) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Hasban Ritonga mengatakan Sumatera Utara harus siap menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional mendatang. Dia mengharapkan dukungan dari Pemerintah Pusat dan Pemkab dan Pemko untuk terlibat aktif menyukseskan kegiatan tersebut. 


Hal itu dikatakannya pada rapat panitia Persiapan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke 27 tahun 2018, Kamis (8/12) di Gedung Bina Graha Jalan Diponegoro Medan.  Hadir pada acara tersebut Ketua MUI Medan M.Hatta, Kabag Agama Binsos Muhammad D dan Asisten Administrasi Umum dan Aset Jumsadi serta sejumlah panitia yang daerahnya digunakan untuk menyelenggaraan seperti Kota Medan, Binjai ,Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Langkat.

Sebagai  Ketua Umum MTQ Nasional, Hasban menjelaskan bahwa rapat ini merupakan tindaklanjut keputusan Menteri Agama RI nomor 463 tahun 2016 yang menetapkan Sumut menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke 27 tahun 2018. "Maka untuk mempelancar penyelenggaraan MTQ Nasional mulai dari Pemprovsu, Pemkab/ Pemko yang daerahnya digunakan perlombaan juga stakeholder lainnya misalnya perbankan dan lainnya,” ujar Hasban.

Hasban menjelaskan rapat dimanfaatkan untuk mulai menyusun rencana, menyiapkan sarana dan prasana, koordinasi hingga pelaksanaan dan hasilnya akan dilaporkan kepada Gubernur Utara.

Untuk biaya yang timbul, Hasban mengatakan akan dibebankan pada APBD tahun mendatang serta sumber-sumber dana lain yang tidak mengikat,

Sementara untuk peserta yang hadir diprediksi sekitar 10 ribu dari penjuru tanah air.  Maka Hasban juga mengajak Dinas Pariwisata Simut turut serta, sebab para peserta juga bisa menikmati objek wisata dan kuliner Sumut. "Momen ini tak hanya sebagai ibadah juga memperkenalkan Sumut kepada para pesertra,"paparnya.

Hal senada juga dikatakan M.Hatta bahwa pelaksanaan MTQ selain memiliki sasaran strategis untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Selain itu Hatta juga menjelaskan momen menumbuhkembangkan rasa cinta pada Al Quran.

Untuk cabang yang dilombakan sama seperti pelombaan tahun-tahun sebelumnya yakni cabang tilawatil Al Quran, cabang Hafizh, cabang Farn, cabang Fahm Alquran,cabang Syarh, dan cabang Khas.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung