Harapkan Tahun 2017 Lebih banyak Pemda Raih WTP


Harapkan Tahun 2017 Lebih banyak Pemda Raih WTP

Medan, (Mimbar) - Gubsu Ir H T Erry membuka Rapar Koordinasi (Rakor) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) dengan Pemerintah Kabupaten Kota se Provinsi Sumatera Utara, Selasa (6/12) di Aula Martabe Lt. 2 Kantor Gubsu.

Hadir pada kesempatan tersebut anggota V BPK RI Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, S.E, Ak., M.M., C.P.A., CA., Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI Dr Bambang Pamungkas SK, MBA, CA,Kepala Perwakilan BPK Provsu Dra Vicentia Moli Ambar Wahyuni, MM.,Ak, para bupati dan walikota se Provinsi Sumatera Utara, para Sekda, Inspektur, Kabag Keuangan kabupaten/kota se provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi mengharapkan pada tahun 2017, hasil pemeriksaan LHP Tahun 2016, kabupaten/kota se-Sumut yang mendapatkan WTP akan bertambah. "Hasil pemeriksaan LHP tahun 2016, pada tahun 2017, kabupaten/kota dan provinsi yang sudah mendapatkan penilaian WTP bisa mempertahankannya dan yang belum akan bertambah. Dengan kegiatan ini akan terus menambah semangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah akan semakin baik," ujar Gubsu.

Pemprovsu, lanjut Gubsu menyadari bahwa pengelolaan keuangan daerah kedepannya semakin berat. Tuntutan mengenai transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan semakin meningkat. Hal ini lanjutnya karena krisis kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.  Oleh karenanya pemerintah daerah harus mencari cara dan mekanisme untuk dapat dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. "Reformasi penyajian laporan keuangan daerah, adalah salah satu cara," sebut Gubsu,

Melalui pertemuan ini, Gubsu mengharapkan apa yang disampaikan narasumber dapat memberikan manfaat untuk semua khususnya kepada jajaran pemprovsu dan kabupaten/kota se Sumatera Utara agar kedepannya lebih baik dalam melaksanakan tugas  sebagai wujud tanggung jawab  dalam mengemban amanah selaku pengelola pemerintahan daerah provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Kota se Sumatera Utara. "Diharapkan dengan kehadiran BPK RI dalam pertemuan ini, pengawasan keuangan di Sumatera Utara semakin paten," imbuh Gubsu. 

Menurut Gubsu bahwa rakor yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya yang sangat penting dalam upaya Pemprovsu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih akuntabel dan transparan. "Untuk itu diperlukan komitmen yang kuat yang berdasarkan rasa tanggung jawab dan profesionalisme dalam menjalankan urusan penyelenggaraan pemerintah daerah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di provinsi maupun di daerah kabupaten/kota," sebut Gubsu.

Panitia penyelenggara OK Henry mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan selama satu hari yakni, Selasa (6/12) di aula Martabe Kantor Gubsu untuk mewujudkan laporan keuangan daerah yang baik dan benar karena tingkat transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan daerah masih rendah. "Diharapkan dengan pertemuan ini laporan keuangan daerah akan mencerminkan tingkat transparansi keuangan daerah provinsi Sumatera Utara yang handal, akurat dan dapat dipercaya," harap OK Henry yang juga Plt Inspektur Provsu. 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung