Hebat, Ini Nama 17 SMK di Sumut Ditetapkan jadi SMK Pusat Keunggulan

 


Medan - Dunia pendidikan di Sumatera Utara merasa bersyukur dan bahagia dengan pengumuman mengejutkan dari Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Republik Indonesia.

     Sesuai Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Nomor 60/D/O/2023 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Reguler Baru Tahap 1 Tahun 2023. 

      Sebanyak 17 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsi Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan, membawa harapan baru bagi pendidikan kejuruan yang lebih berkualitas. 

     Atas perolehan prestasi ini Gubsu Edy Rahmayadi akan memberikan apresiasi kepada 17 kasek SMK yang mendapatkan prediket PUSAT KEUNGGULAN.

Adapun 17 SMK Pusat Keunggulan tersebut adalah:

1. Kab. Batubara - Bidang Teknologi​Manufaktur dan Rekayasa - SMKS​ BUDHI​DARMA INDRAPURA.

     2. Kab. Deli Serdang - Seni dan Ekonomi Kreatif - SMKS DELISHA ; 3. Teknologi ​Manufaktur dan Rekayasa - SMKS​ TARBIYAH ISLAMIYAH ; 4. SMKS​ TRI​KARYA SUNGGAL

     5. Kab. Karo - Seni dan Ekonomi Kreatif - SMK ​NEGERI​1 KABANJAHE.

    6. Kab. Serdang Bedagai - Pariwisata - SMKS MUHAMMADIYAH 16.

    7. Kab. Simalungun - Seni dan Ekonomi Kreatif - SMK NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR.

   8. Kab. Tapanuli Selatan - Agribisnis​ dan Agriteknologi - SMK NEGERI 1 BATANG TORU.

     9. Kab. Tapanuli Utara - Seni dan Ekonomi Kreatif - SMK NEGERI 1 SIATAS BARITA.

   10. Kab. Toba - Energi dan Pertambangan - SMK NEGERI 1 BALIGE.

    11. Kota Gunungsitoli - Teknologi ​Manufaktur dan Rekayasa - SMKS PEMBDA NIAS ;  12. Agribisnis​ dan Agriteknologi SMKS​ KRISTEN HARAPAN SEJAHTERA.

     13. Kota Medan - Pariwisata -

SMK NEGERI 10 MEDAN ; 14. Pariwisata - SMK NEGERI 14 MEDAN.

     15. Kota Padang Sidimpuan - Teknologi​ Manufaktur dan Rekayasa - SMK NEGERI 2 PADANG SIDIMPUAN

     16. Kota Pematangsiantar - Teknologi ​Manufaktur dan Rekayasa - SMK ​NEGERI​ 2

PEMATANGSIANTAR ; 17. Teknologi Informasi - SMK​ NEGERI​1 PEMATANGSIANTAR

      Sebelumnya juga dunia pendidikan kejuruan juga telah mendapatkan apresiasi dari Dirjen Pendidikan Vokasi melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Nomor 26/D/O/2023 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan Baru Tahap 1 Tahun 2023, yaitu SMK Negeri 8 Medan.

Keputusan ini disambut gembira oleh komunitas pendidikan dan industri di seluruh Sumatera Utara. 

      Adapun filosofi penetapan SMK sebagai pelaksana SMK Pusat Keunggulan bahwa ke-18 SMK ini telah membuktikan prestasi gemilang, komitmen kuat terhadap kualitas pendidikan, dan kesiapan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan dunia kerja. 

Selain itu, bahwa SMK-SMK ini melangkah sejalan dengan visi untuk menciptakan lulusan vokasi yang siap berkontribusi di berbagai sektor industri.

     Pengumuman ini berdasarkan pada penilaian teliti yang melibatkan ahli pendidikan dan perwakilan industri. 

    Para SMK terpilih memiliki fasilitas modern, kurikulum terkini, serta guru-guru berkualifikasi tinggi yang akan memberikan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri masa depan.

     Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Dr. H. Asren Nasution, M.A., menyatakan, “Kami berterima kasih atas pengakuan ini dan komitmen pemerintah pusat untuk mendukung pendidikan kejuruan di daerah kami. Langkah ini akan menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan berkolaborasi dengan industri.”

Dengan pengumuman ini, ke-18 SMK tersebut akan mengalami transformasi mendalam dalam pendekatan pembelajaran, penerapan teknologi terbaru, serta peluang magang di perusahaan-perusahaan ternama dalam dan luar negeri. 

Langkah ini diharapkan akan menciptakan lulusan yang lebih siap dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan masa depan.

Di samping itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dr. Suhendri, M.A. menjelaskan, “Semoga di tahap berikutnya, akan bertambah jumlah SMK Pusat Keunggulan di Sumatera, bidang SMK terus mendampingi dan memantau tahapan yang berjalan”. 

     Selanjutnya, Dr. H. Asren Nasution, M.A., mengatakan bahwa untuk mendukung SMK Bermartabat di Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Sumatera Utara sedang melakukan percepatan pembentukan BLUD SMK Negeri Sumatera Utara, “Dalam rangka percepatan pembentukan BLUD SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara telah melakukan berbagai langkah-langkah konkrit dan pekan depan akan melakukan rapat koordinasi bersama OPD terkait dan Kemendagri”

     Pengumuman Dirjen Pendidikan Vokasi ini tidak hanya menjadi pencapaian bagi ke- 18 SMK tersebut, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam menjadikan pendidikan vokasi sebagai pilar utama dalam pembangunan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing tinggi. Selain itu, diharapkan para siswa akan memiliki akses yang lebih baik untuk meraih kesuksesan di dunia kerja dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan Sumatera Utara

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung