Dampak Covid 19 Terhadap Pasar UMKM dan Cara Mengantisipasinya


Wakil Ketua Umum Pimpinan Cabang Jaringan Pengusaha Nasional Kab. Serdang Bedagai (PC Japnas) 
M.Rofii Fidia (kanan) 

Medan - Wabah covid 19 memberikan dampak terhadap perputaran ekonomi di tanah air. Tantangan perekonomian saat ini sangatlah berat, masyarakat dalam kondisi waspada dan sangat berhati-hati, dengan membatasi bepergian dan konsumsi yang tentunya berimbas pada transaksi jual beli di pasaran, berbagai elemen terkena imbasnya, termasuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Di tengah pandemi ini, pemerintah telah menyiapkan kebijakan bantuan sosial untuk menyokong sektor informal dan pekerja harian, serta memberi stimulus bagi para pelaku UMKM.

“Saya berharap pemerintah akan lebih berhati-hati dalam kebijakan ini, tujuannya agar sasaran itu tepat pada sasarannya”, kata Wakil Ketua Umum Pimpinan Cabang Jaringan Pengusaha Nasional Kab. Serdang Bedagai (PC Japnas) M.Rofii Fidia.

Dan Rofii juga mengingatkan untuk para pelaku UMKM untuk mulai mengakses penggunaan teknologi, karena itu bisa menjadi solusi terbaik untuk membantu roda perekonomian UMKM tetap berjalan. 

“Pemasaran melalui media sosial dengan aktif memposting produk usaha anda, dan memberikan promo atau meminta bantuan dengan teman untuk memposting produk anda di media sosial miliknya, dan automasi pembukuan akan memudahkan para pelaku UMKM untuk menyusun strategi yang sekira nya tepat guna untuk kelangsungan usaha”, tambahnya.

Dan Rofii juga berpesan untuk para pelaku UMKM, untuk rencanakan ulang anggaran pendapatan dan pangkas anggaran biaya. 

Melihat kembali rencana anggaran biaya menjadi hal yang krusial di masa ini, pelaku usaha harus memilah pos anggaran mana yang menjadi prioritas dan melakukan penyesuaian budget dengan kondisi saat ini, dengan upaya usaha tetap berjalan dan mengantisipasi resikonya. 

“Dan pelaku usaha perlu membuat pos anggaran biaya pemasukan dan pengeluaran, sebagai acuan untuk mendata realisasi penjualan dan biaya pengeluaran operasional”, tutup Rofii. (mr)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung