Balitbang Provinsi Sumut Terima Penghargaan Berkinerja Utama Dari Kemenristekdikti


Piagam penghargaan yang diterima oleh Balitbang Provinsi Sumatera Utara dari Kemenristekdikti untuk ketiga kalinya (2017, 2018, 2019) 

Jakarta - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Pendidikan Tinggi memberikan penganugerahan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara.

Penghargaan itu sebagai BPPD (Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah) Provinsi berkinerja utama dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) tahun 2019.

Kepala Balitbang Sumut, Ir. H. Irman MSi kepada wartawan Selasa (3/12) menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung Sumut Bermartabat akan terus bersinergi dengan OPD dan stakeholder yang terkait dengan riset dan inovasi daerah, sehingga menghasilkan kajian dan inovasi yang implementatif bagi masyarakat.

Dijelaskannya penghargaan diserahkan pada rangkaian acara Apresiasi Lembaga Litbang 2019 di Auditorium BJ Habibie, Gedung II BPPT Lantai 3 Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

Usai Plt. Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Pendidikan Tinggi Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M. Eng. SC memberikan laporan mengenai lembaga litbang 2019 dan dilanjutkan dengan arahan Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof. Bambang P. Brodjonegoro, PhD.

Apresiasi diberikan kepada BPPD Provinsi/Kabupaten/Kota yang mempunyai kinerja baik dalam mengimplementasikan pelaksanaan SIDa, dengan cara mengkoordinasikan pelaksanaannya bersama-sama dengan OPD terkait dan aktor-aktor SIDa, antara lain lembaga litbang, Perguruan Tinggi, lembaga pembiayaan inovasi, dan masyarakat pengguna inovasi di daerah.

Balitbang Provsu mendapat apresiasi karena telah mensinergikan pelaksanaan SIDa dengan membuat program roadmap SIDa Produk Unggulan Daerah Daerah (PUD) kelapa sawit dan yang terbaru kopi. 

Adapun indikator penilaian lainnya yaitu : Adanya koordinasi dalam rangka mengimplementasikan SIDa dengan Perguruan Tinggi, PUI, STP dan Lembaga Penunjang lainnya di daerah, yang dituangkan dalam bentuk kegiatan; Terbentuknya jaringan yang kuat/kolaborasi antar unsur inovasi dalam rangka mengimplementasikan SIDa.

Terbentuknya kegiatan bersama yang melibatkan seluruh unsur inovasi dalam meningkatkan potensi unggulan daerah; dan Telah melaksanakan pembinaan terhadap badan litbang Kabupaten/Kota terkait komoditas unggulan daerah dalam mengimplementasikan SIDa.

Penghargaan Tahun 2019 ini merupakan ketiga kalinya diterima oleh Balitbang Provsu sejak Tahun 2017 dan 2018. Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019 merupakan upaya dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang, baik dalam lingkup litbang kementerian, litbang non kementerian, litbang daerah, litbang perguruan tinggi, dan litbang industri/badan usaha yang telah berkinerja unggul, inovatif dan berdaya saing. (mr)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung